149.146 Pemilih dalam DPS Pemilu 2019 di Kota Banjarbaru

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Banjarbaru telah menetapkan bahwa di Kota Banjarbaru pada Pemilihan Umum tahun 2019 mendatang akan terdapat sebanyak 712 Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang tersebar di seluruh wilayah Kota Banjarbaru. Penetapan tersebut dilakukan berkaitan dengan penetapan Daftar Pemilih Sementara (DPS) Pemilu 2019 di Kota Banjarbaru yang secara keseluruhan berjumlah 149.146 pemilih.

Hal tersebut disampaikan oleh KPU Kota Banjarbaru melalui ketuanya Husein Abdurahman dalam pelaksanaan Rapat Pleno Terbuka KPU Provinsi Kalimantan Selatan untuk menetapkan DPS se-Provinsi Kalimantan Selatan yang dilaksanakan pada Rabu, 20 Juni 2018 kemarin di Banjarmasin.

Sebelumnya pada hari Ahad tanggal 17 Juni 2018, KPU Kota Banjarbaru telah melaksanakan Rapat Pleno terbuka untuk menetapkan DPS di tingkat Kota Banjarbaru. Kemudian berdasarkan rekomendasi dari Bawaslu Kota Banjarbaru dilakukan pencermatan kembali dan perbaikan, sehingga KPU Kota Banjarbaru kembali melakukan pleno terbuka pada 19 Juni 2018.

Husein Abdurahman menyampaikan bahwa penetapan DPS ini merupakan tugas terkahir KPU Kota Banjarbaru periode 2013-2018. “Alhamdulillah, penetapan DPS di Kota Banjarbaru dapat diselesaikan dengan baik, sesuai dengan Sistem Informasi Daftar Pemilih. Penyampaian di tingkat provinsi juga telah berjalan dengan lancar,” ujar Husein.

“Selanjutnya, Daftar Pemilih Sementara (DPS) ini akan diumumkan, dan diharapkan agar masyarakat di Kota Banjarbaru dapat melakukan pencermatan. Apakah namanya sudah tercantum dalam DPS atau belum. Jika memang belum tercantum dikarenakan beberapa kemungkinan, silakan hubungi PPS pada masing-masing kelurahan yang sesuai. Karena terkait daftar pemilih, masih ada tahapan selanjutnya yang dapat dilakukan untuk melakukan perbaikan, yakni DPSHP dan DPT,” pungkas Husein.